Pemasaran Merek Penantang

Pemasaran Merek Penantang
Jika Anda mengelola sebuah merek yang merupakan pemimpin kategori maka keseluruhan tujuan strategi pemasaran Anda harus mempertahankan posisi kepemimpinan, khususnya terhadap pesaing yang berada di belakang, penantang.

Penantang adalah merek nomor dua dalam kategori dan memiliki cukup sumber daya untuk berhasil bersaing dengan pemimpin. Beberapa perusahaan telah mengubah kelemahan yang tampaknya menjadi brand nomor dua menjadi posisi yang kuat dan khas. Avis, dengan posisi “We Try Harder” melawan pemimpin Hertz, mungkin adalah contoh yang paling terkenal.

Menjadi kategori underdog memberi merek kesempatan nyata untuk membedakan dirinya dan membangun basis pelanggan setia. Pemasar yang bertugas mengelola merek penantang harus membangun strategi go-to-market di seputar elemen berikut:

Serang pemimpin kategori. Tujuan Anda adalah meraih pangsa pasar dengan meluncurkan serangan tepat waktu dan dihitung terhadap merek terkemuka. Pemimpin pasar biasanya adalah perusahaan besar yang terkadang lamban bereaksi dan beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen, kebutuhan dan keinginan. Strategi Anda harus memanfaatkan kelemahan ini, terus memantau dan mengidentifikasi mereka, dan bertindak cepat untuk mengisi kekosongan.

Ketahui kekuatan dan kelemahan pemimpin. Strategi serangan yang solid membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang apa yang menjadi hak pemimpin merek (brand positioning), serta kekuatan dan kelemahannya. Berinvestasi dalam riset pasar primer dan sekunder yang akan memberi Anda titik independen dan membantu Anda membuat keputusan strategis yang tepat.

 

sewa mobil surabaya murah, sewa mobil surabaya, rental mobil surabaya, rental mobil surabaya murah