Manfaat dan Cara Mendidik Anak dengan Have Fun

Memiliki anak yang cerdas dengan segudang prestasi tentu menjadi dambaan setiap orang tua. Tetapi tidak semua anak bisa menjadi pandai dan mampu menangkap berbagai materi pelajaran dengan mudah. Untuk menyiasatinya, orang tua maupun guru harus bisa menerapkan metode pembelajaran yang sesuai. Misalnya melalui cara mendidik anak dengan have fun.

Manfaat Mendidik Anak dengan Have Fun

Mendidik anak dengan cara yang have fun atau menyenangkan semakin banyak digunakan dewasa ini. Metode ini terutama diterapkan pada anak yang masih berusia dini atau balita. Orang tua ataupun guru kini semakin menyadari bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Karena itu akan lebih menyenangkan bagi anak untuk bisa bermain sekaligus belajar.

Belajar sambil bermain ternyata juga sangat baik diterapkan pada anak-anak yang lebih besar atau remaja. Hal ini dikarenakan saat bermain, gelombang otak berada pada kondisi alfa, atau pada frekuensi 8-12 Hz. Pada frekuensi ini otak berada pada keadaan rileks, dan jalur sarafnya menjadi lebih efisien. Sehingga kemampuan menyerap informasi juga akan lebih baik.

Cara belajar yang menyenangkan ternyata juga sangat baik dilakukan di dalam kelas. Beberapa survei membuktikan, metode belajar seperti ini mampu mempersingkat waktu untuk belajar. Murid-murid dapat menyerap materi pelajaran dengan lebih cepat dan efisien. Bahkan waktu belajar yang dibutuhkan hanya 60% dari pemberian materi secara konvensional.

Pemberian materi pelajaran dengan cara konvensional seperti ceramah, banyak dikeluhkan para murid karena sangat membosankan. Untuk mengatasinya, para guru sebaiknya mencari cara mendidik anak dengan menyenangkan. Cara ini dapat menghidupkan suasana dan membuang rasa bosan pada anak-anak. Sehingga mereka bisa belajar dengan lebih bersemangat.

Manfaat lain melakukan pembelajaran yang menyenangkan adalah mampu mengajarkan anak berbagai disiplin ilmu dalam satu waktu. Berbagai metode pembelajaran yang menyenangkan memang terbukti mampu membuat anak belajar multi dimensi atau multi disiplin ilmu. Anak-anak juga bisa mulai mengenal kehidupan nyata, sehingga ilmu yang diperoleh akan lebih bermanfaat.

Cara Memberikan Pembelajaran yang Menyenangkan

Ibu Mengajarkan Anak Memasak

Setelah mengetahui berbagai manfaat cara mendidik anak dengan have fun, maka kini saatnya mengetahui cara apa saja yang bisa dilakukan. Ada banyak cara untuk membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Misalnya melalui dongeng. Sebuah dongeng yang menarik dan memiliki hikmah bisa menjadi sarana pendidikan moral yang sangat efektif.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan bermain peran. Mendidik anak melalui permainan ini contohnya adalah dengan menciptakan suasana kelas layaknya pasar. Di sini murid-murid akan bermain menjadi penjual serta pembeli. Selain bermain, mereka juga bisa belajar mengenai pemasaran, laba serta rugi, permintaan dan penawaran, serta prinsip ekonomi lainnya.

Memasak bisa menjadi cara belajar yang sangat menyenangkan. Saat memasak murid-murid kelas 1 SD bisa belajar membaca resep ataupun menghitung bahan. Sedangkan untuk murid SMP, mereka bisa belajar lebih banyak mengenai gizi atau nutrisi yang terkandung dalam makanan. Mereka juga bisa belajar menghitung kalori yang terdapat dalam satu porsi makanan.

Cara mendidik anak dengan have fun juga bisa dilakukan di luar kelas. Misalnya dengan mengajak anak ke kebun binatang untuk belajar mengenai hewan. Metode pembelajaran yang menyenangkan memang sangat luas dan bisa dilakukan di mana saja. Bahkan semakin dekat dengan kehidupan nyata, maka anak-anak akan lebih mudah menangkap makna dari pendidikan yang menyenangkan tersebut.

Description : Mendidik anak dengan have fun memiliki banyak manfaat dan kelebihan. Berbagai cara bisa dilakukan untuk membuat pembelajaran yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *