Kembali Dari Bangkok, Meski Kaus Merah dan Wajah Merah

Baru-baru ini saya kembali dari sepuluh hari di Bangkok, ibu kota Thailand. Sementara di sana, saya menemukan bahwa saya hanya tahu sedikit tentang politik Thailand, tentu saja tidak cukup untuk mengetahui siapa Kaus Merah itu atau mengapa mereka berdemonstrasi di Bangkok. Hadir di suatu negara ketika sesuatu yang tidak biasa terjadi cenderung memusatkan perhatiannya pada negara tersebut tidak hanya selama kunjungan tetapi juga setelah itu. Bagi saya, saya tampaknya mendapatkan kepentingan pribadi di suatu tempat jika saya berada di sana dalam sebuah peristiwa penting. Untuk alasan ini, pengetahuan saya tentang politik Thailand mulai berubah selama kunjungan saya di sana. Sekarang kembali ke rumah, saya tetap tertarik untuk mengikuti berita demonstrasi anti-pemerintah Kaos Merah di Bangkok.

kemeja pria

Pada bulan Januari 2010, saya mulai merencanakan perjalanan sebulan ke India. Pada saat yang sama saya berhasil meyakinkan seorang teman baik yang tinggal di Sydney untuk menemuiku di Bangkok setelah perjalananku di India. Kami sepakat untuk bertemu di Bangkok pada minggu kedua bulan Maret. Rencana kami terdiri dari tinggal selama empat malam di Bangkok sebelum melakukan perjalanan ke resor pantai selatan Pattaya untuk empat malam selanjutnya. Dua hari terakhir kami akan dihabiskan di Bangkok sebelum terbang pulang. Tidak mengherankan, rencana kami tidak selalu mengikuti garis yang kami harapkan karena kerusuhan politik di Bangkok.

Teman saya sudah mengetahui dari media Australia bahwa pemerintah Thailand mengharapkan demonstrasi dan bentrokan yang mungkin terjadi dengan sebuah kelompok yang disebut Kaos Merah sekitar saat kami bertemu di Bangkok. Datang dari London, saya tidak ingat pernah membaca atau mendengar apapun tentang politik di Thailand yang akan mengingatkan saya akan masalah masa depan. Teman saya menulis sebuah email yang mengkhawatirkan sekitar tiga minggu sebelum kami bertemu di Bangkok. Dia membaca tentang ketidaknyamanan pemerintah Thailand dan negara-negara Asia lainnya mengenai demonstrasi anti-pemerintah yang diusulkan. Saya, sekali lagi, menepis kekhawatirannya. Baru pada saat kita berada di Bangkok, saya menyadari bahwa hal-hal lebih serius daripada yang saya pikirkan dan bahwa dia benar untuk diperhatikan!

Saya tiba di Bangkok dari Delhi pada hari Selasa pagi, 9 Maret 2010, bersama teman saya yang tiba beberapa jam kemudian dari Sydney. Kami menginap di Hotel Davis di bagian timur Bangkok selama empat malam. Saya tidak mendengar apapun tentang demonstrasi di bandara internasional, dari sopir taksi atau dari staf hotel saat saya tiba. Kami berdua memulai perjalanan kami di Bangkok pada hari Rabu dan Kamis, bepergian dengan perahu sungai dan skytrain ke berbagai tempat wisata. Baru Kamis malam kami mulai mendapat kabar bahwa ‘Kaus Merah’ berharap bisa memberi satu juta demonstran untuk demonstrasi akhir pekan mereka. Staf hotel kami merekomendasikan agar kami menginap di hotel pada hari Jumat karena mereka tidak tahu apa yang diharapkan. Kami mengambil nasihat mereka dan mendengarkan berita tersebut dengan seksama untuk mengetahui apakah kami akan kesulitan meninggalkan kota keesokan harinya di pantai. Sudah ada laporan tentang orang-orang yang berkumpul di Bangkok untuk demonstrasi akhir pekan. Pada saat yang sama, laporan tersebut mengindikasikan bahwa jumlah yang datang untuk melakukan demonstrasi jauh lebih kecil dari perkiraan.

Keesokan harinya kami berangkat ke Pantai Jomtien tepat di sebelah selatan Pantai Pattaya. Sekali lagi kami tidak melihat adanya indikasi adanya masalah. Tidak ada hambatan atau blok polisi di jalan saat kami meninggalkan kota atau saat kami berkendara di jalan tol menuju Pattaya. Selama akhir pekan, kami mulai mendengar lebih banyak tentang demonstrasi, ukuran kerumunan dan retorika para pemimpin Kaos Merah. Dilaporkan bahwa alih-alih satu juta demonstran hanya sekitar 100.000 demonstran Kaos Merah yang muncul di Bangkok pada hari Minggu. Kami mengetahui bahwa jumlah yang rendah tersebut sebagian disebabkan oleh blokade pemerintah terhadap semua jalan akses ke Bangkok dari daerah pedesaan utara.

Mungkin Anda sekarang bertanya-tanya, “Apa kemeja berwarna ini di Thailand? Siapakah Kaus Merah itu? Apakah mereka berbeda dari kaos kuning?” Mari saya jelaskan:
Sebagai generalitas, kaos Merah didukung oleh penduduk pedesaan dan kaum miskin kota. Kemeja Merah juga dikenal sebagai ‘United Front for Democracy against Dictatorship’ (UDD). Mereka mendukung mantan perdana menteri Thailand dari tahun 2001 sampai 2006, Thaksin Shinawatra, karena mereka percaya bahwa dia peduli dengan apa yang terjadi pada mereka dan mendengarkan masalah mereka. Meskipun kekayaan miliaran dolar PM Thaksin, dia dianggap pahlawan bagi orang Thailand yang tertindas. Tidak mengherankan, Kaus Merah mendukung dua perdana menteri berikutnya yang dipilih oleh pemerintah yang sama: Samak Sundaravej dan Somchai Wongsawat. Ada juga aktivis pro-demokrasi yang berpartisipasi dalam demonstrasi saat ini yang tidak setuju dengan dasar hukum kudeta militer 2006 yang menggulingkan PM Thaksin.