Fungsi Alat Pengukur Kadar Air

Fungsi Alat Pengukur Kadar Air – Kadar air merupakan kandungan air yang terdapat di dalam bahan-bahan atau material baik alami seperti biji-bijian, tanah, kayu dsb maupun material buatan seperti beton, dinding, kertas, dll.

Fungsi Alat Pengukur Kadar Air

Namun pengukuran kadar air ini tidak terbatas pada bahan-bahan yang telah disebutkan di atas saja. Kadar air ini biasanya berhubungan dengan kualitas suatu bahan itu sendiri dimana semakin kecil kadar air pada suatu bahan maka semakin baik pula kualitasnya. Pengukuran kadar air ini juga dapat dilakukan dalam beberapa metode, yaitu :

Metode Kering Oven

Cara pengukuran dengan metode ini adalah dengan cara sampel yang akan diukur nilai kadar airnya akan dipanaskan pada sebuah oven dengan suhu dan lama waktu tertentu yang telah diatur. Namun sebelum bahan atau sampel ini dipanaskan akan diukur terlebih dulu menggunakan timbangan digital yang sangat akurat, kemudian berat setelah dipanaskan juga akan diukur kembali. Dan dengan membandingkan berat sampel sebelum dan sesudah dipanaskan maka akan didapatkan kadar air sampel tersebut.

2. Metode Inductive

Metode ini merupakan metode yang banyak digunakan pada alat ukur kadar air, dengan metode ini biasanya probe alat akan menempel langsung dengan benda yang akan diukur. Contoh benda yang dapat diukur dengan metode ini adalah kayu, dinding, tembok, dll.

3. Metode Gaya tolak Elektris

Metode Gaya tolak Elektris juga merupakan metode yang digunakan pada banyak alat ukur kadar air digital. Metode ini menggunakan listrik statis yang akan dilewatkan ke sampel atau bahan yang akan diukur. Alat ukur ini biasanya menggunakan probe yang berbentuk seperti garpu yang akan ditancapkan ke benda yang akan diukur. Contoh benda yang bisa diukur dengan metode ini adalah bijian seperti beras, jagung, kopi, dll.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi alat pengukur kadar air ini adalah untuk mengukur kadar air dengan cepat dan praktis. Alat ini biasanya sudah menggunakan teknologi digital dalam pengukurannya. Baca Juga : Kadar Air Benih

Alat pengukur kadar air ini menggunakan metode yang berbeda-beda dalam mengukur kadar air tergantung bahan yang akan diukur. Namun semua alat pengukur kadar air akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengukur kadar air suatu bahan. Hasil pengukuran ini biasanya dapat dilihat pada layar LCD alat itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *