Cara Mengajarkan Anak Tentang Islam dan Akhlak yang Baik

Anak merupakan titipan Allah kepada orang tua. Karena anak, orang tua bisa meraih kebahagiaan dunia serta akhirat. Namun anak juga bisa membuat orang tua mengalami banyak penderitaan. Oleh sebab itu, dalam membesarkan anak kita harus sangat berhati-hati. Cara mengajarkan anak tentang islam dan akhlak yang baik harus dilakukan agar anak meraih keberkahan dalam hidupnya.

Cara Mengajarkan Anak Tentang Islam dan Mengenal Ibadah

Islam merupakan agama yang sempurna. Di dalamnya telah diatur tata cara dalam membesarkan serta mendidik anak. Bahkan Rasulullah Muhammad s.a.w sendiri telah memberikan banyak teladan bagaimana menjadi orang tua yang baik. Cara Rasul mendidik anak tersebut selayaknya kita ikuti agar putra-putri kita menjadi anak yang shaleh dan berhasil di kehidupan dunia maupun akhirat.

Pendidikan pertama yang diajarkan Rasulullan pada semua orang tua adalah mendidik putra-putrinya mengenai tauhid. Kalimat tauhid yaitu ‘Laila ha Illallah’ sebaiknya sudah diajarkan pada anak-anak sejak mereka berumur tiga tahun. Selanjutnya ajarkan anak mengenal Rasulullah dan mengucapkan ‘Muhammad Rasulullah’. Ajarkan juga makna kalimat-kalimat tersebut pada anak.

Selanjutnya, cara mengajarkan anak tentang islam sejak dini bisa dilanjutkan dengan mengenalkan ibadah shalat. Jika anak telah berumur lima tahun dan mengetahui arah, beri tahulah dimana arah kiblat. Kemudian mulailah mengajak anak untuk shalat, agar mereka bisa terbiasa. Setelah anak berusia tujuh tahun, ajarkan tata cara shalat dengan lebih lengkap kepada anak.

Usia sembilan tahun telah menjadi umur yang cukup bagi anak untuk belajar berwudhu. Ajarkan cara melakukan wudhu yang benar pada usia tersebut. Bacaan-bacaan yang terdapat dalam shalat juga sudah harus dikuasai. Beberapa surah pendek pun sudah harus dihafalkan, agar bisa dibaca saat shalat. Pada umur ini, hukuman bisa mulai dilakukan jika anak tidak berdisiplin dalam shalatnya.

Selain shalat, cara mengajarkan anak tentang islam juga sudah bisa dilanjutkan dengan mengenalkan puasa Ramadhan. Anak bisa mulai melakukan puasa setengah hari jika belum kuat melakukannya sehari penuh. Sejak usia lima tahun anak juga sudah harus mengenal Al-Qur’an. Mengetahui huruf Arab dan cara membacanya sudah harus mulai diajarkan sedini mungkin.

Cara Mendidik Anak Agar Memiliki Akhlak yang Baik

Orang Tua Mendidik Anak

Akhlak yang baik harus selalu dimiliki oleh putra-putri kita. Dengan demikian mereka bisa menjadi orang yang terhormat di tengah masyarakat. Untuk mengajarkannya, kita bisa memberikan contoh ataupun teladan terlebih dahulu. Ucapkan kata-kata yang sopan dan halus agar anak-anak bisa menirunya. Tunjukkan juga bagaimana cara menghormati orang lain.

Cara lain untuk mengajarkan akhlak yang baik adalah melalui buku-buku bacaan. Untuk anak yang masih berusia dini, buku-buku tersebut dapat berupa cerita ataupun dongeng islami. Melalui kisah-kisah yang dibacakan, anak bisa mengetahui sejarah maupun tokoh-tokoh islam di masa lalu. Sehingga Buku-buku tersebut bisa menjadi cara mengajarkan teladan islam kepada anak.

Salah satu hal penting yang harus menjadi perhatian orang tua adalah mencegah anak melakukan perbuatan yang dilarang agama. Misalnya saja berkata bohong. Rasulullah sendiri sangat menentang siapa saja dalam keluarganya yang berkata bohong. Karena itu berikan hukuman yang tegas jika anak melakukan perbuatan yang dilarang tersebut.

Komunikasi juga menjadi cara mengajarkan anak tentang islam. Orang tua yang sangat sibuk sekalipun seharusnya meluangkan waktu setiap hari untuk bisa mengobrol dengan buah hati tercinta. Tanyakan mengenai kegiatannya di sekolah ataupun teman-temannya. Dengan cara ini maka anak akan merasa diperhatikan dan kemudian bersemangat untuk belajar menjadi muslim yang baik.

Description: Cara mengajarkan anak tentang islam menjadi kunci kesuksesan anak dan kebahagiaan orang tua. Beberapa cara bisa dilakukan sesuai tuntunan Nabi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *