ABC Desain Web

ABC Desain Web
Aksesibilitas – mengacu pada seberapa mudah digunakan atau ‘dapat diakses’ di situs Anda, terutama bagi pengguna yang kurang mampu seperti tuna netra.

Jejak breadcrumb – sering juga dikenal sebagai jalur, breadcrumb adalah daftar horisontal (biasanya) horisontal yang menampilkan jalur ke halaman saat ini dari homepage misalnya jejak breadcrumb ke artikel ini mungkin:

jasa pembuatan website

Beranda> Internet & Bisnis Online> Desain Web> ABC Desain Web

CSS – Cascading style sheets biasanya disebut sebagai CSS adalah bahasa markup yang digunakan untuk memberi tahu browser web seperti apa halaman web seperti misalnya warna, gaya font, ukuran dan posisi yang harus digunakan halaman. File CSS memiliki file extension.css

Nama domain – Nama domain adalah nama yang digunakan untuk menemukan situs web di web browser misalnya EzineArticles.com. Nama domain juga bisa memiliki subdomain seperti blog.ezinearticles.com

Embed – Istilah yang sering digunakan umumnya untuk menggambarkan elemen seperti video atau flash yang bisa ‘disematkan’ ke dalam halaman. Elemen yang disematkan biasanya adalah sesuatu yang tidak berjalan normal di browser web dan memerlukan plugin tambahan untuk dipasang seperti flash player.

Favicon – Short untuk ‘icon favorit’ favicon adalah gambar kecil yang ditampilkan di samping url di kebanyakan web browser. Ini mendapat namanya dari waktu sebelum mesin pencari biasanya digunakan untuk menemukan situs web dan daftar favorit adalah fitur penting. Favicon akan duduk di samping situs bookmark favorit.

GUI – Antarmuka pengguna grafis atau GUI mengacu pada sistem operasi yang memungkinkan pengunjung mendapatkan informasi dari komputer secara visual tanpa memasukkan kode. Dalam situs webnya ada GUI meski dalam desain web terminologi ini biasanya mengacu pada aplikasi dan game berbasis web yang lebih maju.

HTML – Hypertext Markup Language atau HTML adalah bahasa utama web dan sebagian besar halaman web digunakan untuk menyusun konten mereka. tidak secara ketat bahasa pemrograman HTML adalah seperangkat perintah yang sangat dasar yang dapat diartikan oleh browser web untuk membantu menyusun halaman web.

Peta gambar – Gaya desain web yang ketinggalan jaman pada dasarnya dimana satu gambar memiliki bagian yang dapat diklik yang tertaut ke halaman web yang berbeda. Peta gambar jarang digunakan dalam desain web modern karena dianggap agak tidak dapat diakses

JPEG – JPEG atau JPG adalah jenis file yang paling umum digunakan untuk menampilkan gambar di internet. Gambar GIF dan PNG juga populer.

Kata kunci – Kata kunci digunakan oleh optimiser mesin pencari (SEO’s) untuk membantu mesin pencari memahami halaman apa dan mengembalikan halaman tersebut untuk hasil pencarian yang relevan. SEO digunakan untuk menempatkan kata kunci di dalam tag kata kunci meta meskipun praktik ini sekarang sudah usang dan kata kunci sekarang paling efektif jika digunakan di judul halaman, judul dan di dalam salinan halaman web.

Link – Link atau Hyperlink adalah sistem navigasi internet yang memungkinkan pengunjung untuk berpindah antara halaman web dan situs web. Tautan dikodekan dalam HTML menggunakan tag href tapi tautan juga dapat dibuat menggunakan javascript dan flash.

Meta data – Meta data pada halaman web mengacu pada informasi tambahan tentang halaman yang terdapat di area HTML yang tidak ditampilkan kepada pengunjung namun malah digunakan oleh pembaca mesin seperti crawler mesin pencari.

Navigasi – Setiap sistem yang memungkinkan pengunjung untuk ‘menavigasi jalan di sekitar situs web dapat disebut sebagai sistem navigasi. Navigasi yang paling umum di situs web adalah menu, fungsi pencarian, jalur breadcrumb dan peta situs

Open source – Mengacu pada perangkat lunak dimana kode sumber dapat diakses dan diedit agar sesuai dengan cara yang berbeda. Perangkat lunak open source yang paling populer di desain web saat ini adalah platform blogging WordPress yang dapat diunduh, diinstal dan diedit oleh siapa pun. Open source biasanya membuat desain web lebih cepat karena sering kali lebih mudah dimulai dengan kode orang lain daripada menulis sendiri dari nol.

Link permanen atau permalink tetap digunakan dalam terminologi blog untuk menggambarkan tautan absolut ke posting atau halaman yang tidak berubah dari waktu ke waktu. Karena blog berbasis waktu dengan konten baru ditambahkan secara teratur, permalink posting adalah tempat posting masih akan ditemukan setelah mendapat kabar dari beranda oleh posting yang lebih baru.

RSS – Really Simple Syndication atau RSS adalah jenis file XML yang menyederhanakan isi sebuah situs web menjadi ‘umpan’ konten yang dapat dengan mudah dipublikasikan di situs lain atau diakses oleh aplikasi seperti pembaca RSS. Menggunakan RSS isi situs bisa dibaca tanpa harus mengunjungi website itu sendiri.

Subdomain – subdomain berada di bawah nama domain dalam hierarki web. Subdomain adalah bagian dari alamat web yang meneruskan nama domain. misalnya di blog.ezinearticles.com bagian ‘blog’ dari alamat akan menjadi subdomain sementara EzineArticles akan menjadi domainnya. Subdomain berguna untuk hosting berbagai jenis konten dengan nama domain yang sama.

Kode pelacakan – Kode ditambahkan ke halaman web untuk memungkinkan pengunjung dipantau oleh alat Web Analytics seperti Google